BUDIDAYA JAMUR TIRAM


Jika kita perhatikan, bidang usaha yang paling realistis dan lebih permanen adalah usaha di bidang Agrobisnis. Karena produk yang dihasilkan adalah produk bahan pokok yang tidak bisa dibuat dalam industry manapun. Olehkarena itu usaha agrobisnis adalah usaha yang bisa dijalankan dalam jangka waktu yang tidak terbatas, dan tidak mengalami titik jenuh. Salah satu usaha agrobisnis yang paling realistis untuk dijalankan adalah budi daya jamur tiram. Rumah jamur itu sendiri, dapat dibuat seperti pada umumnya di indonesia menggunakan bahan dasar bambu. Ini merupakan bangunan semi permanen yang paling ekonomis jika diperuntukkan bagi budidaya jamur tiram. Selain itu terdapat sirkulasi udara yang memadai.


Kali ini TRISTAR POLITEKNIK mengadakan event Jamur yang diadakan pada tanggal  20 Januari 2011 yang bertempat di Manukan, Surabaya. TRISTAR kali ini menjelaskan kepada peserta cara pembudidayaan jamur, mulai dari tempat yang cocok untuk jamur dan sebagainya. 
Beberapa keuntungan budidaya jamur yaitu :
1. Melalui pemanfaatan bahan-bahan limbah di sekitar kita akan menjadikan
lingkungan kita bersih, indah dan sehat.
2. Budidaya jamur dapat diusahakan tanpa menggunakan lahan yang luas
3. Produk Jamur dapat dimanfaatkan untuk menambah gizi atau menu serta dapat
menambah pendapatan keluarga.


Jamur tiram merupakan jenis jamur yang telah banyak dibudidayakan. Ketenarannya di Indonesia mungkin melebihi jenis jamur budidaya lainnya seperti jamur kuping atau jamur merang, bahkan dibandingkan dengan jenis jamur yang nilai ekonominya lebih tinggi sekalipun seperti jamur shiitake.


Bila ditinjau dari segi agribisnis, jamur tiram saat ini sangat cocok untuk pertanian indonesia mengingat petani-petani indonesia rata-rata tergolong dalam petani kecil. Walaupun pada kenyataannya yang merajai pasar jamur tiram adalah petani bermodal besar, tidak apa asal masih ada hubungan baik dengan petani kecil dan saling mendukung pertanian…


Jenis jamur tiram yang umum dibudidayakan di Indonesia yaitu jamur tiram putih (Pleurotus ostreatus). Jenis ini sangat mudah ditemui di pasar tradisional terutama di perkotaan. Jenis ini bisa dikatakan sebagai penopang ekonomi keluarga petani sehari-hari karena harganya yang relatif murah sehingga sangat mudah dijual dan memiliki perputaran modal yang cepat.






Setelah puas diperkenalkan produk- produk olahan Jamur, peserta juga dapat oleh-oleh dari rumah jamur tersebut. 
Jika anda ingin belajar tentang Budidaya Jamur Tiram di TRISTAR,silahkan.

Untuk Info Lebih Lanjut Hubungi :


TRISTAR POLITEKNIK

Flexi: 031-81959295-96.
Hp: 085733691548.
Pelatihan Teknologi Pangan 
Jln. Raya Jemursari 234 & 244. 
Surabaya - Indonesia. 
------------------------


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar